KEBUDAYAAN DUNIA LEMBAH HINDUS YANG LENYAP MISTERIUS

Kebudayaan dunia dan peradabannya yang hilang misterius hingga saat ini membuat para peneliti, sejarawan, dan ahli arkeologi dunia bingung dan heran. Padahal sepanjang sejarah manusia, budaya dan peradaban kuno hilang atau lenyap lebih karena disebabkan oleh kematian berbagai sebab, bencana alam maupun invasi. Bila ditelusuri lebih lanjut, ternyata tidak sedikit peradaban berikut budayanya yang hilang lenyap begitu saja tanpa disertai bukti-bukti sejarah yang faktual, dan pernyataan-pernyataan yang keluar dari para ahli lebih kepada asumsi karena tidak menemukan titik kebenarannya, sehingga menimbulkan kontroversi. Media Budaya kali ini akan mengangkat topik mengenai salah satu Kebudayaan Dunia dan Peradabannya Yang Hilang Secara Misterius yaitu Kebudayaan Lembah Hindus.
 
Berdasarkan penggalian arkeologi sekitar 1920'an di reruntuhan kota kuno Harappa dan Mohenjo-daro menunjukkan bahwa kedua kota tersebut menjadi pusat kebudayaan yang paling tinggi mobilitas dan aktivitas selain kota-kota lain di wilayah tersebut. Kedua kota kuno tersebut saat ini menjadi wilayah bagian negara Pakistan. Kedua kota tersebut tumbuh dan berkembang di daerah bekas lumpur bawaan sungai Hindus yang sangat subur, menjadi pusat aktivitas yang paling maju di era 3000SM-1900SM.

Lembah sungai yang subur karena hujan monsoon menjadikan pertanian dan perkebunan sebagai mata pencaharian utama masyarakat Hindus yang juga didukung oleh arus lalu lintas perdagangan ke dalam dan ke luar daerah tersebut. Di antara karakteristik utama kebudayaan di kedua titik yang terletak di hampir seluruh Pakistan dan wilayah barat laut India tersebut terdapat kesamaan, yaitu konstruksi bangunan yang seluruhnya memperhatikan struktur dan susunan batuan bangunan yang ditentukan dengan standar tertentu dan perencanaan yang jelas, gudang penampungan hasil panen, sistem pengairan dan irigasi, dan rumah-rumah suci. Selain itu pada masa itu juga telah dibuat sistem perhitungan terhadap satuan berat, prediksi iklim dan cuaca, dan juga keseragaman dalam menulis aksara. Ini menyebabkan peradaban Hindus sebagai peradaban terbesar yang pernah ada di dunia. 

Kebudayaan dunia Lembah Hindus ini punah tapi belum diketahui kapan dan sebab detilnya. Namun beberapa ahli meyakini bahwa lenyapnya peradaban ini disebabkan oleh terjadinya kondisi ekstrim dari iklim. Beberapa ahli lainnya justru meyakini runtuhnya peradaban ini disebabkan oleh invasi dan penyerangan oleh bangsa Arya sekitar 1500SM.


disadur dari :  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Di Sini