BLOG DAN MENULIS ARTIKEL

Blog dan menulis artikel memiliki keterkaitan yang tidak dipisahkan, dan juga saling memiliki keterkaitan. Ibarat ember dan air yang harus di isi ke dalamnya, demikian pula blog dan artikel di dalamnya. Namun sebelum memahami konsep dan penulisan artikel di dalamnya, tentu saja kita harus memahami apa itu blog. Tanpa memahami apa itu blog, manfaat dan kegunaannya, kita jadi tidak punya arahan dari tujuan kita membuat atau menulis artikel. Media Budaya mencoba mengangkat topik ini sebagai pengaya dan menambah informasi bagi para blogger, terutama bagi yang masih pemula seperti kami.

Beberapa pendapat umum mengenai blog antara lain yaitu : 
  • Blog adalah hirarki teks, gambar, objek media dan data, disusun secara berkala(dalam urutan waktu) dan dapat dilihat di browser HTML.
  • Blog pada dasarnya adalah sebuah jurnal yang tersedia di web. Kegiatan update blog dinamakan blogging, sedangkan orang yang mempunyai/membuat blog adalah blogger.
  • Blog adalah jenis wisata yang terus menerus, dengan pemandunya adalah manusia yang Anda kenal.
  • Blog pada dasarnya adalah sebuah jurnal yang tersedia di web. Kegiatan update blog dinamakan blogging, sedangkan orang yang mempunyai/membuat blog adalah blogger. Blog biasanya diperbarui setiap hari dengan menggunakan software bawaan dari penyedia blog yang sangat mudah dalam penggunaannya sehingga memungkinkan orang yang bukan berlatar belakang teknis website bisa melakukannya dengan mudah. Halaman di dalam blog hampir seluruhnya bersifat kronologikal, artinya disusun berdasarkan waktu kejadian atau waktu posting.
  • Blog adalah sebuah situs web dimana postingan itemnya dilakukan secara teratur dan ditampilkan dalam urutan kronologis mundur. Istilah blog sebenarnya adalah versi pendek/bentuk singkat dari weblog atau web log. Penulis/pemilik blog yang merawat dan menambahkan artikel baru ke dalam blog miliknya disebut blogging. Pengiriman artikel satu-persatu disebut posting blog(blog post), post, atau entries. Orang yang mengirimkan artikel atau orang yang memiliki blog disebut blogger. Sebuah blog terdiri dari teks, hypertext, gambar, dan beberapa link(ke halaman web lain, video, audio, dan file-file lain). Blog menggunakan gaya bahasa penyampaian dokumentasi. Seringkali blog lebih fokus ke salah satu topik, misalnya Tips Trik, Tutorial, Ponsel, dan lain sebagainya. Beberapa blog juga menceritakan pengalaman-pengalaman pribadi mereka.

Sebuah blog adalah jenis situs web yang biasanya disusun dalam urutan kronologikal(urutan waktu kejadian) dari yang terbaru(postingan terbaru) di bagian atas halaman utama(homepage) menuju ke postingan paling lama kebawah. Sebagai contoh perhatikan blog saya, urutan dari atas adalah postingan terbaru diikuti postingan lama sampai postingan pertama saya.

Blog seringkali ditulis oleh seseorang dan diupdate secara berkala. Blog seringkali dtulis dengan satu topik khusus, seperti fotografi, spiritualitas, resep, diary pribadi, hobi, dan masih banyak lagi meskipun juga banyak yang mencampur adukkan topik pembahasannyaBlog seringkali mempunyai beberapa fitur untuk memudahkan kita sebagai pembaca dalam berkunjung atau mencari informasi tentang isi blog tersebut.


Menurut cakupan isinya, weblog dapat dikategorikan menjadi 3 jenis. Pertama, personal blog, yakni blog yang berisi tulisan apa saja yang bersifat pribadi atau foto-foto, cerita lucu, kenangan pribadi dll yang ingin disampaikan ke orang lain. Kedua, professional blog, yakni blog yang berisi tulisan atau deskripsi yang berkaitan dengan profesi seseorang untuk bertukar keahlian dan pengetahuan, meski tidak mewakili lembaganya. Ketiga, corporate blog, yakni blog yang berisi informasi suatu lembaga atau perusahaan untuk keperluan promosi atau publikasi.

Awalnya blog tidaklah seperti blog yang kita lihat saat ini yang sudah membahas aneka topik layaknya sebuah website, blog dengan berbagai penyedia layanan seperti blogspot, wordpress, multiply dan lain sebagainya pada hanya di gunakan sebagai diary atau menuliskan catatan kecil harian.

Dengan perkembangan blog yang semakin maju, blog dengan domain gratis dari blogspot dan wordpress pun tampil dengan manfaat yang semakin kompleks, mulai bersaing dengan keyword tertentu, memperdalam SEO, desain template dan sebagainya. bahkan kegiatan blogging saat ini bukan lagi kegiatan sekedar realisasi hobby namun juga sudah berkembang menjadi profesi bagi sebagian orang. Banyak blogger yang memotize blog nya menjadi sumber penghasil uang, mulai dari uang jajan hingga bisnis online seperti beberapa blogger terkenal Anne Ahira pemiliki AsianBrain yang sering disebut sebagai otak asia atau ratu internet.

Keseriusan blogging (istilah bagi seorang blogger dalam mengelola blog) semakin meningkat di kalangan blogger indonesia, memiliki blog dengan trafik tinggi, disenangi pengunjung dan lain sebagainya merupakan sisi kebanggaan tersendiri. Mereka bahkan mau membeli atau lebih tepatnya menyewa nama domain berbayar seperti com, net, org, or.id dan lain sebagainya. Untuk tingkat yang lebih serius ada yang memberi hosting sendiri.

Kemajuan yang pesat ini pula, banyak blogger terus dipacu untuk mengembangkan blognya menjadi lebih baik, maka dari itu hadir beberapa upaya dari blogger untuk membantu blogger pemula yang baru mengenal dunia blogging , misalnya Jasa Pembuatan Blog Murah dan Terpercaya, hanya dengan mengeluarkan beberapa rupiah saja kita sudah bisa miliki blog dengan standar yang cukup, tentunya hal ini dilakukan oleh para master yang mengerti seo dan lain sebagainya.

Adapula blogger yang menjadikan blognya sebagai media usaha atau media promosi usaha. Sebagai contoh, blog MEDIA INFO  yang selalu mengupdate informasi seputar usaha kecil dan menyediakan ruang atau space di blognya sebagai tempat iklan. 

Dari penjelasan singkat di atas dapat dipahami bahwa blog tanpa tulisan ibarat piring tanpa makanan. Artinya, tanpa artikel, blog tidak memiliki arti apa-apa. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kita semua.


sumber : 

3 komentar:

  1. Balasan
    1. makasih gan buat kunjungan dan komennya...sering2 mampir ya, kalo bisa jadi followernya gan, tolong direview jg alexa nya, hehehe...maklum masih baru nih...

      Hapus

Cari Di Sini