KEBUDAYAAN DUNIA PUEBLOAN OLMEC DAN PERADABANNYA YANG HILANG MISTERIUS

Kebudayaan dunia dan peradabannya yang hilang misterius hingga saat ini membuat para peneliti, sejarawan, dan ahli arkeologi dunia bingung dan heran. Padahal sepanjang sejarah manusia, budaya dan peradaban kuno hilang atau lenyap lebih karena disebabkan oleh kematian berbagai sebab, bencana alam maupun invasi. Bila ditelusuri lebih lanjut, ternyata tidak sedikit peradaban berikut budayanya yang hilang lenyap begitu saja tanpa disertai bukti-bukti sejarah yang faktual, dan pernyataan-pernyataan yang keluar dari para ahli lebih kepada asumsi karena tidak menemukan titik kebenarannya, sehingga menimbulkan kontroversi. Media Budaya kali ini akan mengangkat topik mengenai salah satu Kebudayaan Dunia dan Peradabannya Yang Hilang Secara Misterius yaitu Puebloans Olmec.



PUEBLOANS OLMEC
Salah satu masyarakat Mesoamerika pertama, Olmec mendiami dataran rendah tropis di selatan tengah Meksiko .
Tanda-tanda pertama dari Olmec sekitar 1400 SM di kota San Lorenzo, penyelesaian Olmec utama yang didukung oleh dua pusat lainnya, Tenochtitlan dan Potrero Nuevo.


Budaya Olmec adalah master pembangun dengan masing-masing situs utama mengandung pengadilan seremonial, gundukan rumah, piramida kerucut besar dan monumen batu termasuk kepala kolosal yang menjadikan peradaban mereka sangat dikenal.

 

Kebudayaan Olmec sangat bergantung pada perdagangan, baik antar wilayah Olmec yang berbeda dan dengan masyarakat Mesoamerika lainnya.

 

Karena mereka salah satu kebudayaan Mesoamerika paling awal dan paling maju pada saat itu, mereka sering dianggap sebagai budaya ibu dari berbagai budaya Mesoamerika lainnya.


Kebudayaan dunia Puebloan Olmec dan peradabannya yang hilang misterius diasumsikan diketahui sekitar 400SM. Sekitar 400 SM sebelah timur separo wilayah Olmec mulai tak berpenghuni -mungkin karena perubahan lingkungan. Mereka mungkin juga mengungsi setelah aktivitas gunung berapi di daerah tersebut. Teori populer lain adalah bahwa mereka diserang, tetapi tidak ada yang tahu siapa penjajah yang mungkin menginvasi Bangsa Olmec.

1 komentar:

  1. olmec ini masih satu rumpun dengan suku aztec kah ? thanks infonya sangat bermanfaat utk menambah wawasan penegtahuan
    kunjungi ya untuk film2 terupdate streaming/download film box office gratis

    BalasHapus

Cari Di Sini